Indahnya negeri cenderawasih




Pemuda pemudi sekalian, negeri ini terlalu besar untuk dilepaskan begitu saja dari kedaulatan RI. Terlalu indah dan kaya kalau di serahkan begitu saja pengelolaannya kepada pihak asing yang tak bertanggung jawab.
Betul kata Bung Karno dan Bang Rizal dari sabang sampai merauke bukan sekedar rangkaian 4 kata akan tetapi kesatuan politis georgafis dan admindstratif yang perlu kita perjuangkan, sejahterakan dan bangun bersama-sama.

Panjang sekali perjalanan 2 minggu ini, daratan papua memang tidak seperti pulau-pulau di indonesia pada umumnya. di papua langit terlihat begitu jernih dan biru di kelilingi awan-awan yang jelas dan dramatis. Di daratan ini cuaca sangat cepat berubah dari panas yang sangat terik tiba tiba menjadi dinggin dan hujan deras, wajar daya tahan penduduk di sini harus kuat. Ditambah hutan yang lebat di sana-sini menjadi sarang nyamuk anopheles hal ini membuat penyakit Malaria sudah umum dirasakan oleh penduduk di papua.

Ada banyak tempat yang bisa di kunjungi di Jayapura khusunya yaitu teluk Yotefa danau Sentani monumen Mc Arthur dan Tentunya perbatasan RI dan Papua New Ginea. Bahasa yang digunakan oleh orang PNG ialah english Fiji dan jarak tempuh jayapura PNG ialah sekitar 1 Jam 15 Menit dengan kecepatan 100-120 Km.

Jalanan menuju Perbatasan sangat rapih dan mulus tapi hati-hati kalo nabrak babi bisa panjang urusannya. Babi yang mati bakal di hitung putting susunya ada brap adan dikali 10 juta (Not make sense). Kontur tanah di jayapura ber gunung-gunung hingga jalanan di sini naik turun namun infrastruktur nya baik jalanan halus sekali dan semua fasilitas ada di sini. Di jayapura banyak seklai pantai yang masih perwan diantranya pantai Base G dan lain-lainnya. Di Papua semua angkot di bilang taxi jadi jangan aneh klo orang-orang ngobrolin pada naek taxi untuk pergi-pergi.

Lain halnya dengan Sorong haduh kota ini pantai dan lautnya cuantik puol.cuman boat untuk nyebrang ke raja ampat yang gak ketulungan mahalnya sekitar 4Juta bolak balik Carter hm….. lama nya sekitar 3-4 jam sabil loncat2 diatas ombak sumpah deh turun dari boat lutut gemeter saking lemesnya, perut sama isi nya kayak keluar semua. wajar wartawan TV 7 sampe ada yang tenggelem and meninggal dengan kecepatan boat yang tinggi badan boat yang ringan ombank yang gede kecelakaan emang rawan di sini.


Tapi semuanya kebayar air di laut nya jernih abis waranya biru long boat kita kayak melayang di atas air sungguh menakjubkan, lebih asik lagi nyebur and lirik –lirik karang di sini oke banget. Disni banyak pulau-pulau kecil yang indah ikan seliberan di bawah perahu hayah oks banget dah.

Sama kayak di jayapura di Sorong selain airnya yang jernih langitnya juga jernih and biru wah wah wah semuanya masih perawan and natural. Temans sekarang saya bru sadar kenapa NKRI adalah harga mati tidak boleh ada sejengkal tanah pun yang hilang. Tetap semangat pemuda pemudi Indonesia.

1 komentar:

desty google mengatakan...

malas mo . . . hanya beberapa org indo sperti anda yg bs sdkit memahami kami . . . tapi berjuta yg lainya mengucilkan kami dan menguras harta kami dengan serakah . . .

Posting Komentar