Indonesia bangkit sebagai Pasar terbaik ketiga di Asia dengan peningkatan 67%


Sumber di sini

Sudah saya alihbahasakan ke bahasa Indonesia dari artikelnya yang berbahasa Inggris yang berjudul "Indonesia Emerges as Asia's Third Best-Performing Market on 67% Advance"

Indonesia bangkit sebagai Pasar terbaik ketiga di Asia dengan peningkatan 67%

Yohanes Obor& Aditya Wikrama

The Jakarta Composite Index’ meningkat 67 persen tahun ini, membuat Bursa Efek Indonesia, yang akan merayakan ulang tahunnya yang 32 tahun minggu ini , menjadi bursa efek dengan performa terbaik ketiga di Asia, para pengamat berkata pada Rabu kemarin.

2 bursa efek China, the Shenzhen and Shanghai markets, menempati rangking pertama dan kedua dengan peningkatan 93 persen dan 74 persen, sesuai berita yang dilansir oleh Bloomberg.

Bursa Efek Taiwan dan Filipina menampati urutan ke 4 dan ke 5 di Asia, dengan peningkata 47 persen and 45 persen.

"pemodalan pasar kami meningkat dari Rp 1,143 trilyun (US$115,4 milyar) pada tanggal 5 januari kemarin menjadi Rp 1,882 trilyun pada tanggal 11 Agustus tahun ini," Fuad Rahmany, Kepala Bapepam-LK, berkata pada hari rabu selama jumpa pers pada ulang tahun Bursa Efek Jakarta, IDX.

Dia berkata, peningkatan indeks ini dan peningkatan modal pasar diakibatkan oleh bangkitnya kepercayaan investor sejak tahun lalu. Fuad berkata total transaksi saham mencapai Rp 596 trilyun dari 5 Januari hingga 11 Agustus, dengan rata-rata Rp.3,9 trilyun dalam transaksi harian."

"Transaksi harian sampai bulan ini mencapai Rp.7 trilyun, yang mana sebuah angka yang sangat luar biasa dalam perdagangan saham. " ucap Presiden direktur IDX, Ito Warsito, yang dia menambahkan bahwa keberhasilan pemilu kemarin akhirnya menambah kepercayaan pasar.

Ito berkata, frekuensi perdagangan saham rata-rata meningkat 44 persen menjadi 85.000 transaksi tahun ini, sementara volume perdagangan meningkat 94 persen menjadi 3,3 milyar. " Peningkatan volume dan frekuensi perdagangan ini didukung oleh peningkatan jumlah investor retail yang ikut berdagang shama secara online," dia berkata.

walaupun begitu, Ananta Wiyogo, Presiden direktur Indonesian Central Securities Depository (KSEI), berkata bahwa investor asing masih mendominasi pasar, memegang modal hingga 66 persen, meningkat dari 64 persen tahun lalu.

Tapi investor lokal mendominasi perdagangan perusahaan dan bank berbasis syariah, menjadi 97 persen dari total transaksi 78 trilyun, meningkat dari 76 persen di tahun 2008

Ananta berkata total jumlah investor meningkat 23 persen dari tahun lalu, dari 338, 829 bulan Juli lali.

Fuad berkata investor asing sangat tinggi kepercayaannya kepada pasar Indonesia, tapi mungkin saja trend perdagangan tidak akan cepat berubah, jika investor lokal bermain lebih besar,khususnya di masa krisis, "oleh karena itu, akan lebih baik jika pemain lokal lah yang memegang peranan penting dalam bursa efek kita " dia berkata.

Yanuar Rizky, pengamat pasar modal, berkata Bapepam-LK seharusnya mencoba taktik dan strategi yang berbeda untuk menarik minat investor lokal.

"masih banyak investor di luar sana yang belum tersentuh oleh pasar modal" dia berkata.

Yanuar berkata, pertumbuhan perdagangan saham secara online kebanyakan menarik para pemain saham jangka pendek (short term), sementara pasar memerlukan investor jangka panjang (long term).

Regulator seharusnya berkoordinasi dengan institusi investor lokal untuk mengisi gap ini," yanuar berkata.

"Institusi atau perusahaan asuransi seharusnya siap dengan dana yang akan digunakan untuk mengisi gap ini ketika invesotr asing menjual" dia berkata.

IDX sudah menargetkan untuk mempunyai paling tidak 2 juta investor sebelum tahun 2012. China dikatakan baru-baru ini menarik 2 juta investor baru hanya dalam waktu 1 bulan.

1 komentar:

nanaching mengatakan...

Sering di kecewakan oleh website lain? Coba di JAGODOMINO disini kami berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan kepuasan bagi setiap member kami... Prinsip kami Member nomor 1 oleh karena itu CS kami yang berpengalaman siap membantu Anda 24/7... Di JAGODOMINO kami juga memberikan BONUS - BONUS MENARIK......

Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
* LIVECHAT Jago188(dot)net
* PIN BBM : 2AF6F43D
* WA : +855717086677
* LINE : Jagodomino

Salam Sukses Jagodomino

Posting Komentar