Prambanan, Borobudur, dan Angkor Wat

Saya selama ini tinggal di ibukota Kamboja, Phnom Penh. Sebuah kota yang baru berkembang dang berada di tepi Sungai Mekong, sebuah Sungai yang melewati Laos, Vietnam, Thailand, dan Kamboja, salah satu sungai terpanjang dan terkenal di dunia. Sekitar 300 km dari Pnom Penh, ada sebuah bangunan yang cukup tua dan sangat besar, sebuah kuil yang sangat terkenal di dunia, Angkor Wat, yang dibangun oleh Kerajaan Khmer di abad ke 12. Bangunan ini merukan symbol kejayaan dan kemakmuran Kamboja Masa lalu. Di bawah rezim Khmer Rouge di tahun 1975, bangunan ini bisa dipertahankan dari usaha Pol Pot untuk menghancurkan bangunan ini yang merupakan pusat budaya, pendidikan dan agama pada saat itu.



Angkor Wat menjadi begitu terkenal ketika Kuil ini dipromosikan di AMAZING RACE ASIA, dan berulangkali menjadi tempat untuk latar belakang film Tomb Raider. Setelah itu, banyak media datang dan memberitakan kemegahan Angkor Wat. Setiap tahun, lebih dari sejuta turis asing datang dan berkunjung ke kuil ini, dan menjadi sumber devisa bagi Negara Kamboja.


Borobudur, Kuil Agama Budha terbesar di dunia


Prambanan, Kuil Agama Hindu terbesar di Indonesia

Walaupun begitu, tidak banyak orang tahu bahwa Angkor Wat, sebenarnya dibangun jauh sesudah 2 Kuil Indonesia yang paling terkenal, Borobudur (kuil Agama Budha) dan Prambanan (kuil Agama Hindu). Borobudur mulai dibangun pada abad ke 8, tepatnya 750 M, dan selesai pada tahun 825 M. Sementara Prambanan dibangun 25 tahun sesudahnya, 300 tahun sebelum Angkor Wat dibangun. Saya yakin, dengan promosi yang lebih baik, kebijakan pemerintah yang lebih baik, pengelolaan yang lebih baik, Borobudur dan Prambanan akan mengambil posisi Angkor Wat Sebagai kuil paling terkenal di dunia.

Sudah siap Indonesia??

1 komentar:

yaya mengatakan...

Hello,
We are Master students of National Taiwan University of Science and Technology.
We are doing a research about Heritage in Yogyakarta, center of Java. We choose Borobudur and Prambanan to survey how heritage impacted or merged in tourism sites in Indonesia.
And we really need your opinions about those two heritages so we could try our best to improve the tourism in heritage sites. Please help us fill the survey form.
Thank you for your help!!  Thank you very much!!!
My e-mail: yaya24682006@yahoo.com.tw

The Survey Form address:
http://www.smart-survey.co.uk/v.asp?i=14289fwmcp

Best regards.

All of Students of Graduate Institute of Architecture and Historic Preservation.

Posting Komentar